Virus Pikiran Negatif


Oleh: Yanti Ummu Yahya

Soeara-peladjar.com - Ketika berbicara tentang sebuah personal computer, sering kali kita mendengar istilah virus. Seketika itu pula user akan segera mencari anti-virus yang sepadan dengan virus yang menyerang.

Kenapa itu perlu?
Karena sebuah personal computer apabila dalam sistemnya ‘menjalar’ virus , maka sudah pasti kinerjanya akan terganggu. Tidak sedikit yang data-datanya kacau dan bahkan raib entah ke mana.

Kamu pernah mengalami?
Bagi banyak user, virus komputer seringkali menjadi sesuatu yang menakutkan. Ini tak lain karena virus merupakan program jahat yang mampu menggandakan diri dan merusak kinerja sistim.

Virus sebagai salah satu varian dari malware yang dijuluki sebagai program jahat yang dibuat oleh seseorang. Tujuannya untuk menginfeksi sistim komputer, menggandakan file, hingga merusak kinerja sistim secara keseluruhan.

Dan ketika Anda bukan user yang tahu betul tentang permasalahan tersebut, sudah tentu yang Anda lakukan adalah segera mendatangi seorang tehnisi komputer.

Betul ?
Yup. Maka tidak lama kemudian setelah Anda mengutarakan permasalahan yang terjadi di personal computer Anda.

Bisa jadi tehnisi akan menyarankan kepada Anda untuk segera meng-upgrade ataupun meng-instal antivirus yang sesuai.

Atau akan menyarankan cara lain. Karena memang untuk varian virus lainnya, dalam mengatasinya tentu menggunakan cara yang juga berbeda.

Harapannya tentu saja sama. Agar personal computer Anda bisa bekerja secara normal. Dan data-data Anda akan terproteksi dengan baik.

Nah. Begitu pun hidup.

Kita lebih layak seperti sebuah personal komputer berikut hardware dan software. Dan kita pula sekaligus brainware atau user-nya.
Virus yang sering merusak ibarat pikiran-pikiran negatif yang sering kali menghinggapi benak kita.

Anda tahu seperti apa pengaruh sebuah pikiran negatif?
Pikiran negatif itu bisa di-analogikan pula sebagai mana virus tadi. Atau Anda bisa juga meng-analogikan dengan ‘bisa ular’.

Kok bisa?
Yup!
Karena ketika seorang digigit ular, maka yang paling mengkhawatirkan adalah ‘bisa’-nya, bukan sekedar gigitannya. Apabila bisa ini sudah menjalar dalam setiap pembuluh darah, sangat memungkinkan akan mengantarkan korban kepada kematian.

Demikian virus komputer, apabila telah merasuk ke dalam sebuah sistem komputer, maka akan merusak tatanan sistem berikut data di dalamnya.

Maka, ketika ‘virus’ pikiran negatif telah menjalar dalam benak Anda, dengan seketika dia akan mampu ‘meng-explore’ file-file buruk yang ada di dalam ‘sistem’ kehidupan Anda. Sehingga memunculkan energi negatif yang siap menggerakkan perasaan hingga ke tindakan negatif.

Contohnya, Adalah ketika Anda mendapatkan sebuah tugas. Dilihat secara obyektif sih tugas ini tidak terlalu berat. Hanya saja, berbeda halnya ketika Anda langsung merespon tugas tersebut sebagai sesuatu yang berat. Inilah yang namanya kemunculan pikiran negatif.

Selanjutnya bagaimana?
Kamu pun akan meng-explore banyak alasan untuk tidak segera melakukan tugas tersebut. Mulai dari alasan ‘Tugas ini berat bagi saya’, misalnya. Atau bahkan enggan mengerjakannya.

Asumsi seperti ini akan segera mengalir dalam pembuluh darah Anda, menguasai pikiran dan perasaan juga fisik Anda. Sehingga Anda pun enggan memulai melakukan apa pun.

Socrates berpendapat bahwa pemikiran tentang ‘keutamaan adalah pengetahuan’. Banyak hal yang kita lakukan selalu terkait dengan pengetahuan yang telah ada.

Bahkan dia menjelaskan bahwa baik dan jahatnya manusia dalam kehidupan pun terkait dengan pengetahuannya, bukan dengan kemauannya. Karena kemauan itu muncul juga setelah dorongan pemikiran. Memikiran lah yang mendasari semua gerak-geriknya.

Kesimpulannya, Bangkit dan terpuruknya seseorang bermula dari pemikirannya tentang segala sesuatu di dunia ini. Tentang dirinya sebagai manusia, tentang kehidupan, tentang alam semesta. Juga kaitanya ketiganya baik sebelum dia hidup, ketika dia hidup, juga setelah selesai kuota hidupnya.

Kita adalah jangan sekali-kali kita pelihara pemikiran negatif terhadap segala sesuatu. Karena sekalinya kita ‘meng-upload’ pemikiran negatif, maka file-file buruk akan segera ter-explore dan siap merusak sistem kerja kita. (tor)
Virus Pikiran Negatif Virus Pikiran Negatif Reviewed by arman on Juli 24, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.