Ancaman Allah Bagi Mereka Yang Melalaikan Sholat


Oleh: Minah, S.Pd.I

Soeara-peladjar.com - Sobat remaja, pernah nggak, kamu ketinggalan sholat atau telat? Atau bisa jadi suka melalaikan sholat? Hmm.. ayo ngaku. Hee ... apalagi nih jika kamu bangun kesiangan, bisa jadi langsung mandi lalu pergi  sekolah, karena  takut dihukum jika telat. Sementara  sholat subuh rela ditinggalkan hanya karena takut telat masuk sekolah. Hmm ... kog takutnya  sama  manusia, bukan sama Allah? Ngak takut dosa?

Yuk deh kita renungi, terkadang  kita bela-belain  masuk  sekolah lebih awal agar nggak telat, belajar  di sekolah bisa fokus, namun disaat pulang  sekolah bergegas pulang, makan lalu istirahat. Tanpa memikirkan sholat.. dengan alasanya  capek  atau malas-malasan.

Gini loh sobat, Setiap Umat Islam wajib menjalankan sholat. Baik sehat maupun sakit, sesibuk apapun seseorang harus tetap menjalankan sholat. Sholat merupakan amal perbuatan manusia yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat kelak. Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “yang pertama kali dihisab dari perbuatan seorang hamba pada hari kiamat adalah sholat wajib.” (HR. Ahmad, abu Dawud, ibnu Majah, Tirmidzi dan an-Nasai).

Orang yang melalaikan sholat atau yang meninggalkan sholat wajib adalah bagian dari dosa-dosa besar yang membinasakan. Sholat adalah bagian dari rukun Islam, pembeda antara orang kafir dan orang yang beriman. Sholat juga merupakan amalan yang pertama kali dihisab dihari kiamat kelak. Tidak ada alasan untuk meninggalkan sholat. Jika seseorang dalam keadaan sakit sehingga tidak mampu berdiri untuk sholat maka sholat boleh dengan duduk, jika tidak mampu dengan duduk maka berbaring, bila tidak mampu bergerak dengan isyarat dan bila sudah tidak bisa bergerak atau meninggal maka akan disholatkan.

Itulah indahnya Islam jika seseorang tidak mampu sholat berdiri maka ada keringanan untuk sholat yaitu  sholat dalam keadaan duduk. Karena kita tidak boleh meninggalkan sholat. Ancaman Allah bagi orang yang melalaikan sholat sangatlah berat yakni mereka akan dibangkitkan bersama manusia paling durhaka fir’aun, qorun, hamman dan mereka dimasukkan kedalam neraka saqor.

Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang tidak memelihara sholat maka ia tidak akan bercahaya, tidak mempunyai hujjah (alasan) dan tidak akan diselamatkan. Dihari kiamat kelak ia akan dikumpulkan bersama qorun, fir’aun, hamman dan ubay bin khalaf.” (HR. Ahmad).

“Apa yang menyebabkanmu masuk kedalam neraka saqar? Mereka menjawab, dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang melaksanakan sholat. Dan kami juga tidak memberi makan orang miskin. Bahkan kami biasa berbincang yang bathil bersama orang-orang yang membicarakannya. Dan kami mendustakan hari kiamat sampai datang kepada kami kematian.” (QS. Al-Mudatsir:42-47).

Azab bagi orang yang tidak mengerjakan sholat adalah neraka saqor. Neraka saqor adalah neraka yang tidak membiarkan orang yang diazab didalamnya menarik nafas untuk beristirahat dari azab, bahkan setelah diazab yang pedih ia dikembalikan kepada bentuknya semula untuk di azab lagi. Astaghfirullah.

Sungguh ancaman yang berat bagi orang-orang yang melalaikan sholat. Oleh karena itu, yuk kita harus rajin sholat, sholat tepat waktu dan jangan sampai meninggalkan sholat. Wallahu’alam. (az)
Ancaman Allah Bagi Mereka Yang Melalaikan Sholat Ancaman Allah Bagi Mereka Yang Melalaikan Sholat Reviewed by soeara peladjar bangkit on Agustus 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.