Habis Tik Tok, Terbitlah Kiki Challenge


Oleh: Chusnatul Jannah

Soeara-peladjar.com - Di jaman now, media sosial begitu mudah direngkuh dengan gadget di tangan. Dunia bisa kita lihat hanya dengan main ketuk – ketuk layar. Apalagi kalo mau viral. Caranya gampang. Bikin video atau vlog yang nyeleneh lalu  upload deh di medsos kita. Boom! Masih ingat kan gaes fenomena tik tok ala bowo dari senam jari sampe fans – fansnya yang menggilai? Eh... ini ada lagi yang bikin heboh di dunia maya. Berawal dari lagu ngehits ala hiphop punya. Bahkan Penyanyinya aja mungkin tak setenar keviralan challenge-nya yang katanya kekinian.

Yap, kiki Challenge lagi naik daun. Digandrungi kaum milenial. Berjoget kekinian katanya. Joget di depan mobil yang sedang berjalan. Saking asiknya joget di depan mobil berjalan gak tahunya malah muka kejedot tiang. Duh...kasian! Asik bener ya... katanya sih ngilangin suntuk, having fun dan seru-seruan aja.

Tren video kiki challenge terinspirasi dari In My Feelings, yang dipopulerkan musisi asal Kanada, Drake. Pelaku tantangan ini merekam video dimana mereka memutar lagi in My Feelings. Orang yang duduk di bangku depan mobil keluar dari pintu kiri sambil menari-nari di depan pintu kiri mobil yang terbuka. Sementara sang pengemudi merekam video sambil mengendarai mobilnya. Mobil dibiarkan berjalan pelan dengan pintu kiri terbuka, selama tarian dilakukan. Setelah tarian selesai, si penari masuk lagi ke mobil. Kira – kira apa tujuannya ya? Kayaknya Gak ada ya gaes. Mengundanga bahaya iya.

Coba kita pikir, faedah apa yang didapat dengan ikutan challenge seperti itu? Nihil. Beginilah kaum milenal kita. Mudah terjebak dengan sesuatu yang viral dan demen sama ketenaran. Kehidupan hedonis – sekuler telah menjadikan anak muda kehilangan arah. Lepas kontrol dan kebablasan.

Padahal challenge sebenarnya itu ketika kita menghadap Rabb kita, Allah SWT. Masa’ iya sih kita mau joget dan nari-nari di hadapan Allah kelak? Gak mungkin kan? Allah gak minta itu. yang Allah pinta adalah ketaatan kita kepadaNya. Setiap amal perbuatan di dunia akan dimintai pertanggungjawabnnya. Kita mau persembahkan apa di hadapan Allah SWT? gak mungkin dong main tik tok atau kiki challenge? Hehe.

Nah, itulah pentingnya mencari bekal amal sholih sebanyak mungkin. Hidup di dunia itu singkat gaes. Jangan sia-siakan waktu kita untuk hal-hal yang gak ada manfaatnya. Siswa yang berprestasi di sekolah pasti mendapat tempat di mata orangtua dan guru kita. Karena ia istimewa. Nah, sebagai hamba juga berlaku hal yang sama. Hanya orang istimewa sajalah yang mendapat tempat di hadapan Allah SWT. Istimewa yang dimaksudkan disini adalah ketaatan dan ketaqwaan.

Nah, biar kalian nggak terjebak dengan arus sekuler – hedonis dan challenge yang gak jelas gitu, yang bisa kita lakukan adalah: Pertama, cerdas memilih teman. Temanmu adalah cerminmu. Ia juga bisa menjadi surga dan nerakamu. Salah pilih teman bisa salah jalan. Pilhlah teman yang mengajak kita pada ketaatan bukan kesesatan. Kedua, perbanyak ngaji Islam. Dengan ngaji, kita bisa lebih berhati – hati. Tidak gampang terbawa arus sana sini. Apalagi mengikuti hal yang tak diajarkan dalam Islam. Ketiga, bijak bermedia sosial. Media sosial bisa menjadi pengantar kebaikan dan keburukan lho gaes. Jika dimanfaatkan untuk kebaikan akan berbuah pahala. Sebaliknya, jika digunakan untuk maksiat atau hal-hal yang sia- sia mendapat dosa.

Gak semua hal yang kekinian itu positif ya gaes. Pandailah memilah dan memilih. Jadikan Islam sebagai standar amal. Kiblat kita adalah Islam bukan kekinian. So, yuk jadi pemuda yang cerdas dan berakhlak mulia dengan Islam. Laki –laki sholih adalah yang banyak beribadah kepada Allah dan takut dosa. Perempuan sholihah adalah yang pandai menjaga aurat, lisan, dan sikapnya. Yuk ngaji! (ar)
Habis Tik Tok, Terbitlah Kiki Challenge Habis Tik Tok, Terbitlah Kiki Challenge Reviewed by arman on Agustus 01, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.