Inilah 9 Tips Remaja Mengatur Keuangan


Oleh : Putri Ira

Soeara-peladjar.com - Sobat remaja, pernah gak kalian diberikan amanah oleh Sang Bunda untuk mengatur keuangan secara mandiri? Bagi yang terbiasa mengatur keuangan secara mandiri tentu tak begitu sulit. Namun, bagi remaja yang belum terbiasa, tentu bingung mendapatkan amanah yang satu ini.

Mau dipakai buat apa saja uang yang diberikan oleh Sang Bunda, ya? Daripada khawatir uangnya habis di jalan, silahkan simak tips berikut ini.

1. Pisahkan yang mana kebutuhan dan keinginan

Kebutuhan adalah sesuatu yang urgen untuk dimiliki dan tidak bisa ditunda. Sementara keinginan masih bisa di tunda di lain waktu.

Bagi remaja, yang menjadi kebutuhan setiap bulan antara lain : membayar SPP sekolah, membayar uang transportasi, dan membayar uang les. Alokasi pengeluaran untuk pos kebutuhan sekolah biasanya rutin dikeluarkan setiap bulannya.

2. Siapkan amplop untuk setiap alokasi kebutuhan yang kita butuhkan setiap bulannya

Amplop yang kita siapkan  memudahkan kita untuk mengatur kebutuhan agar tepat sasaran. Biasakanlah untuk jujur dalam menggunakan setiap amplop tersebut.

3. Sisihkan uang recehan, minimal seribu rupiah/ hari untuk ditabung

Uang recehan ini bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu jika kita benar-benar membutuhkan. Atau bisa juga dijadikan sebagai celengan pribadi yang setahun sekali bisa kita gunakan.

4. Membawa bekal dari rumah

Membawa bekal dari rumah bisa sedikit menghemat keuangan. Terkadang, remaja malas membawa bekal dari rumah karena melihat tak ada teman yang membawa bekal. Jangan sungkan membawa bekal, hanya gara-gara teman jajan di kantin. Lagian, membawa bekal dari rumah, makanan lebih terjamin. Mengapa tidak dicoba cara yang satu ini.

5. Batasi bepergian ke pusat perbelanjaan

Terkadang, pada saat bepergian ke pusat perbelanjaan, remaja menjadi lapar mata. Perlengkapan sekolah yang tersusun rapi menjadi penarik untuk dibeli. Kerudung keluaran terbaru membuat hati terpikat untuk memilikinya. Kalau sudah begitu, ingat kembali tujuan ketika berbelanja. Lebih baik, sebelum bepergian ke pusat perbelanjaan, di list dulu mana yang betul-betul dibutuhkan.

6. Membatasi jajan di luar

Kebiasaan remaja zaman now, sering makan di luar.Tak pelak, uang yang dihabiskan untuk jajan di luar lebih banyak dari uang yang diberikan oleh Bunda. Jangan sampai remaja lebih besar pasak daripada tiang, lho! Biasakan jajan sesuai dengan budget uang yang diberikan oleh Sang Bunda.

7. Berpuasa senin kamis

Berpuasa senin dan kamis hukumnya sunnah. Jika remaja melakukannya, Allah beri pahala. Jangan diniatkan berpuasa untuk menghemat, ya. Ketika remaja melakukannya, bisa menjadi salah satu cara tidak langsung untuk menghemat keuangan.

8. Biasakanlah menulis pengeluaran dan pemasukan di buku kas

Kebiasaan seperti ini bisa ditiru. Ini untuk memudahkan remaja mengatur keuangan secara harian. Remaja bisa mengevaluasi apakah pengeluaran sudah tepat sasaran atau belum.

9. Senantiasa bermohon kepada Allah agar diberikan kemudahan untuk memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin

Ingatlah, bahwa di Yaumil Akhir nanti harta kita akan diminta pertanggung jawaban oleh Allah.

"Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda :
Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara :
1. Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu
2. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu
3. Masa kaya sebelum datang masa kefakiranmu
4. Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu
5. Hidupmu sebelum datang kematian
(HR. Al Hakim dalam Al Mustadroky; diletakkan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim).

Yuk sobat, mari bijak dalam mengatur keuangan. Semoga tips ini bermanfaat sebagai bekal remaja mengatur keuangan keluarga jika sudah menikah nantinya. (az)
Inilah 9 Tips Remaja Mengatur Keuangan Inilah 9 Tips Remaja Mengatur Keuangan Reviewed by soeara peladjar bangkit on Agustus 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.