Meraih Rahmat Allah SWT


Oleh: Mochamad Efendi

Soeara-peladjar.com - Sebagai seorang Muslim yang baik tentunya dalam hidup ingin meraih rahmat Allah. Jika kita mendapatkannya, hidup kita akan menjadi berkah. Rasa senang dan bahagia kita dapatkan. Segala permasalahan akan terselesaikan dengan mudah. Segala kebutuhan tercukupi karena rahmatNya.

Agar bisa meraih rahmat Allah SWT, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Diantaranya:

Pertama, bersyukurlah

Dengan bersyukur, maka Allah akan menambahkan nikmat pada kita  Sebaliknya azab yang pedih diperuntukkan bagi orang orang yang kufur nikmat. Janji Allah sungguh akan terpenuhi dan pasti terjadi. Pada hakekatnya nikmat Allah begitu banyaknya sehingga kita tidak mampu menghitungnya. Namun, hanya hati yang pandai bersyukur yang mampu merasakan itu semua. Hati yang tidak pandai bersyukur sepanjang hidupnya selalu mengeluh dan merasa kurang. Mereka tidak mampu merasakan nikmat Allah yang terhampar didepan mereka. Mereka hanya merasakan kesengsaraan dalam hidup

Kedua, beriman dan berbuat kebaikan atas dorongan iman

Di dalam al-Qur'an, berbuat kebaikan  selalu didahului dengan perintah beriman. Bagi siapa saja yang melakukannya maka akan termasuk orang-orang yang beruntung dan balasannya adalah surga yang penuh dengan kenikmatan. Berbuat kabaikan adalah bukti dari keimanan seseorang. Orang yang mengaku beriman tapi enggan berbuat kebaikan tidak akan mendapat rahmat Allah dan orang orang yang berbuat kebaikan tetapi tidak beriman sungguh dalam keraguan. Tentunya kebaikan disini adalah apa saja yang diperintahkan Allah baik yang ada di al-Qur'an maupun as-Sunnah.

Seorang anak harus berbuat baik pada orang tuanya karena itu perintah Alllah jika tidak dia tidak akan mendapat rahmat Allah. Berbuat baik pada tetangga atau sesama juga karena perintah Allah. Seorang siswa hormat pada guru dan belajar sungguh- sungguh juga karena perintah Allah jika tidak ilmunya tidak berkah karena jauh dari rahmat Allah.

Ketiga, kerjakan sholat dengan niat yang benar

Kita harus bisa menunaikan kewajiban sholat berbeda dengan benar. Bukan sekedar mengerjakan sholat untuk menggugurkan kewajiban.

Mendirikan sholat bermakna menjaga waktu sholat diawal dan juga kwalitas sholatnya. Dan celakalah orang-orang yang lalai dalam sholatnya. Ketika mengerjakan sholat ada riya' didalam hatinya. Mereka hanya ingin dilihat orang dalam sholatnya. Hanya orang-orang yang khusuk dalan sholatnya yang akan memperokeh rahmat Allah

Keempat, menunaikan hak orang lain

Dalam harta yang kita miliki ada hak orang lain yang harus dikeluarkan pada yang berhak menerimanya. Rezeki lebih yang kita dapatkan harus disisihkan untuk diinfakkan kepada yang lain. Jika hak orang lain didalam harta kita belum ditunaikan, akan menjadi penghalang untuk mendapatkan rahmat Allah.

Peduli dengan sesama. Dalam berislam kita diperintahkan untuk saling menasehati satu sama lain. Kesalehan individu tidaklah cukup. Kita harus mengingtkan saat teman berbuat kesalahan. Kita tidak boleh diam saat ada kemungkaran didepan mata kita karena diamnya kita akan menjauhkan kita dari rahmat Allah karena azab Allah tidak hanya menimpa orang-orang yang berbuat kemungkaran tetapi juga pada orang-orang baik yang dia saat melihat kemungkaran terjadi. Hilangnya kemungkaran di muka bumi akan menyebabkan datangnya rahmat Allah baik itu berupa rezeki yang turun dari langit maupun keluar dari perut bumi 

Jadikankah hukum syara' sebagai sumber hukum baik yang melandasi kita dalam berfikir maupun bertingkah laku agar rahmat Allah selalu ada dan kita rasakan bersama. (az)
Meraih Rahmat Allah SWT Meraih Rahmat Allah SWT Reviewed by soeara peladjar bangkit on Agustus 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.