Sob, Mengucap dan Membalas Salam itu Wajib!


Oleh: Ratu Ashya*

Soeara-peladjar.com - Assalamu'alikum kawan kawan. Jawab yaa! Kali ini aku mau bahas tentang salam. Kira kira akhi wa ukhti fillah yang rajin baca tulisan-tulisan bermanfaat ini selalu mengucap dan membalas salam gak?

Harus yaa. Kalau masih jarang-jarang, yuk mulai dari sekarang dibiasakan mengucap dan membalas salamnya. Kenapa? Karena ucapan salam itu adalah do'a dari kita untuk orang lain, do'a dari aku untuk mu, masa kamu gak mau do'ain aku juga sih?

السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

Kesejahteraan untuk kalian dan Rahmat Allah dan keberkahaan untuknya.

Dan sebaiknya, seharusnya, semestinya, kita juga turut membalasnya, seperti dalam QS. An Nisa ayat 86:

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَاۤ اَوْ رُدُّوْهَا   ؕ  اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

"Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik atau balaslah (penghormatan itu yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu."

Hm... Sebenernya masih banyak lagi hadits-hadits shohih tentang mengucapkan salam, ini adalah salah satu dalilnya saja yang disebutkan yaa.

Nah, tuh Allah sudah memerintahkan untuk kita menjawab seminimal-minimalnya dengan yang sepadan. Bahkan salam saja diibaratkan seperti hormat, penghormatan kita pada yang muda, sebaya, dan yang lebih tua.

Dan Ingatlah!!!

وكان الله كل شئ نقيتا

Sungguh! Allah memperhitungkan segala sesuatu.

Mau itu pahala sekecil apapun, tetap itu pahala. Mau itu dosa sekecil apapun itu tetap dosa. Karena kecil-kecil tapi banyak sama saja kalau digabungkan menjadi banyak bukan? Makanya lakukan kebaikan sekecil apapun salah satunya adalah menjawab dan mengucapkan salam.

So, mulailah menumpuk-numpuk pahala dari hal sekecil apapun. Termasuk mengucapkan dan menjawab salam. Mulailah dari kita, dari hal kecil, dari sekarang!

Jangan menyepelekan hal sekecil apapun, pahala sekecil apapun, dosa sekecil apapun. Jadikan salam layaknya budaya yang harus dipertahankan, jadikan salam sebagai kebiasaan. Karena Allah itu Maha Memperhitungkan segala sesuatu.

انظر ما قال و لا تنظر من قال

Lihatlah apa yang dikatakan, jangan melihat siapa yang mengatakan.
(sp)

*Siswa SMP IT Birrul Walidain Bogor
Sob, Mengucap dan Membalas Salam itu Wajib! Sob, Mengucap dan Membalas Salam itu Wajib! Reviewed by soeara peladjar bangkit on Agustus 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.