Sobat, Jangan Kecewakan Malaikat!


Oleh: Manshur Abdilla*

Soeara-peladjar.com - "Penghormatan, dikelilingi dan dalam naungan sayap malaikat serta doa-tasbih makhluk lainya adalah diantara fasilitas istimewa bagi mereka yang sedang menuntut ilmu".

Sobat soeara peladjar, Tanpa kita sadari semua aktifitas kita sekecil apapun sebenarnya akan menimbulkan reaksi balik pihak/makluk lain didunia ini dan juga berdampak sistemis diakhirat kelak. Namun, kita terkadang kurang memperhitungkan dan tidak peduli alias abai akan itu semua. Bisa jadi karena menganggap aktifitas tersebut terlalu sepele atau sudah biasa menjadi rutinitas harian.

Nah sobat semua, kita yang berstatus peladjar ini tentunya hampir tiap hari bergelut dengan makhluk yang namanya BELAJAR. Makhluk ini ditandai dengan adanya pelajar, guru dan segala aktifitas yang melibatkan pancaindera dan otak. Mulai mendengar, membaca juga tak jarang praktek langsung.

Aktivitas belajar ini mungkin dianggap sudah biasa dan lumrah bagi manusia sekitar kita. Mungkin ortu kita cukup meresponnya dengan memberi uang saku dan terkadang jika sempat bertanya,dapat pelajaran apa tadi disekolah atau apa ada PR? Guru di sekolahpun tidak begitu peduli dengan gaya belajar kita. Mungkin akan sedikit merespon jika kita sering absensi atau bikin ulah.

Bahkan kita sendiri selaku peladjar akan menjalaninya dengan biasa biasa saja, berangkat pagi pulang sore, datang, duduk, diam, dengar dan pulang. Sobat, hati-hati ya jika gaya belajar kita demikian adanya. Awas jadi robot kelak ketika lulus. ha..ha..ha

Sobat peladjar, aktifitas belajar ternyata sangat luar biasa menurut penduduk langit. Gara gara adanya aktifitas belajar, para malaikat berbondong bondong atau berduyung duyung turun dari langit sambung menyambung menjadi satu dari tempatnya hingga tembus langit dunia.

Tidak itu saja, bahkan Nabi Muhammad SAW, manusia terbaik sepanjang sejarah manusia juga memberi penghormatan yang luar biasa bagi  pembelajar atau tholabul ilmi. Ndak percaya!., Coba dech baca sabda manusia pilihan dibawah ini. Baca yang benar ya...

Shofwan ibnu 'Asaal RA berkata :

أتيتُ النبيَّ ﷺ  و هو في المسجدِ مُتَّكيءٌ على بُرْدٍ له أحمرَ ، فقلتُ له : يا رسولَ اللهِ ! إني جئتُ أَطلبُ العلمَ

"Aku mendatangi Nabi SAW dalam keadaan beliau bertelekan di atas sebuah kain berwarna merah,
maka akupun berkata : "Wahai Rasulullah aku datang untuk menuntut ilmu"

Maka Nabi SAW bersabda :

مرحبًا بطالبِ العلمِ ، إنَّ طالبَ العلمِ تحفُّه الملائكةُ وتُظلُّه  بأجنحَتِها ، ثم يركبُ بعضُهم بعضًا حتى يبلغوا السماءَ الدُّنيا من محبَّتِهم لما يَطلبُ .

Selamat datang, wahai penuntut ilmu,
sesungguhnya penuntut ilmu akan dikelilingi dan dinaungi oleh para malaikat dengan sayap-sayap mereka. Kemudian sebagian mereka akan menaiki sebagian yang lain hingga mencapai langit dunia karena kecintaan mereka terhadap apa yang ia cari. [Di Hasankan oleh Al-Albani dalam Shahih at-Targhib wa Tarhib Nomor 71]

Sobat!, Sambutan luar biasa Nabi dan penghormatan besar para malaikat juga semua makhluk Allah SWT tersebut tidak diberikan pada mereka yang gaya belajarnya tidak serius, alias main main saja dan sekedar rutinitas semata. Tapi perlakuan istimewa tersebut berlaku bagi mereka yang serius menjalankan kewajiban mencari ilmu.

Diantara tanda keseriusannya adalah dimulai dengan niat karena Allah SWT semata, serius belajar sesuai sunnatullah, menjauhi maksiat alias dosa semisal pacaran juga berdoa dan tawakkal.

Jadi, tolong sobat!  Malaikat  yang telah  begitu serius dan semangat menghormat kita jangan sampai dikecewakan dengan ketidak seriusan kita dalam belajar ya.

Semoga malaikat tidak kecewa, kitapun senang dapat ilmu juga Allah SWT ridho dan berkenang memberi pahala. Aamiin
Selamat belajar dan sukses selalu. (sp)

*Penulis Buku Untaian Hari Menggugah Hati
Sobat, Jangan Kecewakan Malaikat! Sobat, Jangan Kecewakan Malaikat! Reviewed by soeara peladjar bangkit on Agustus 30, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.