Islam Bukan Sekedar Agama Spiritual


Oleh : Azizah Nur Hidayah*

Soeara-peladjar.com - Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengatur hubungan manusia dengan Allah, dengan diri sendiri, dan dengan sesama manusia. Allah meciptakan manusia sepaket dengan aturannya. Allah tidak membiarkan manusia hidup tanpa aturan. Dan aturan-aturan tersebut lengkap di dalam Al Qur’an dan As Sunnah.

Allah ta’ala menurunkan Islam sebagai agama yang sempurna. Seluruh aturan kehidupan ada di dalam Islam. Mulai dari hal-hal kecil hingga besar, semuanya ada aturannya di dalam Islam. Dari masuk rumah sampai masuk surga, dari bangun tidur hingga bangun negara. Seluruh aspek dalam kehidupan ada aturannya. Dari kesehatan, pendidikan, perekonomian, politik, semua ada aturannya.

Namun, masih banyak dari kita yang masih mengganggap bahwa Islam hanyalah sekedar agama spiritual. Sholat, mengaji, puasa, berdzikir dan sebagainya. Padahal Islam adalah agama yang mengatur seluruh aspek kehidupan. Akan tetapi terkadang masih banyak penyimpangan pengertian tentang Islam.

Maka dari itu, kita perlu menyerukan atau mendakwahi teman-teman kita yang belum mengetahuinya. Dan mengajak mereka kembali berislam kaffah, berislam secara menyeluruh. Berdakwah di tengah-tengah umat adalah tugas bagi setiap muslim. Seperti firman Allah berikut;

“Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (QS: Ali Imron 110)

Mengapa kita harus berdakwah ke tengah-tengah umat? Karena saat ini umat sedang diombang-ambing di tengah lautan. Tidak tau arah tujuan mereka, apa sebenarnya yang harus mereka lakukan di dunia. Oleh karena itu kita harus menuntun mereka, mendakwahi mereka agar mereka tidak tersesat. Banyak sekali kemunkaran-kemunkaran yang terjadi saat ini, maka wajib bagi kita untuk memperbaikinya. Seperti sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadist;

“Barangsiapa diantara kalian yang melihat kemunkaran, hendaknya dia merubah dengan tangannya, kalau tidak bisa hendaknya merubah dengan lisannya, kalau tidak bisa maka dengan hatinya, dan yang demikian adalah selemah-lemah iman.” (HR. Muslim).

Oleh karena itu, marilah kita dakwah ke tengah-tengah umat agar mereka bisa menjadi muslim yang lebih baik. Dan juga mari kita mengajak mereka untuk kembali berislam kaffah.

“Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya.” [Al-Baqarah: 208]. (imn)

*Pelajar, member Akademi Menulis Kreatif, anggota komunitas Smart With Islam Sidoarjo

Islam Bukan Sekedar Agama Spiritual Islam Bukan Sekedar Agama Spiritual Reviewed by soeara peladjar bangkit on Oktober 05, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.