Remaja Tangguh di Setiap Kondisi


Oleh: Rasmawati Asri

Soeara-peladjar.com - Hallo remaja, jiwa yang masih lekat dengan semangat yang membara. Maju terdepan pantang mundur. Walau kadang ada labil-labilnya dalam menentukan sesuatu. Pernah nggak sih kalian mengangkat beban yang sangat berat? 10 kilo, 20 kilo, hingga berton-ton?

Kuat membawa beban yang bersekitaran 5 kilo mungkin sanggup. Dengan beberapa tenaga yang dikeluarkan. Tapi membawa beban dalam hidup, apakah masih sanggup juga?

"Ah nggak kuat kalo bawa beban hidup. Terlalu rumit dunia ini." Mungkin sebagian kawan jawab seperti ini. Yups ini betul sekali. Namanya juga dunia, tempat yang hina dan rendah. Mana mungkin kita dapat menikmatinya.

Dengan kondisi remaja saat ini. Yang jauh dari ajaran Islam. Pencandu narkoba, pergaulan bebas, aborsi dan lainnya. Membuat para remaja begitu lemah. Seakan tidak ada kekuatan di dalam dirinya. Lupa akan tujuannya. Sehingga ada masalah yang dihadapi. Diatasi dengan jalan yang instans. Jalan yang menyesatkan dan menambah masalah.

Maka di sini kita sebagai remaja harus menjadi tangguh. Tangguh dalam menyelesaikan masalah secara bijak. Sesuai dengan aturan Allah. Dan berada di paling terdepan dalam setiap kebaikan.

Bila masalah datang menerpa. Tidak loyo dan putus semangat. Kerana kita tahu bahwa tujuan hidup hanyalah untuk Allah. Dan apapun masalah yang dihadapi tetap tenang. Karena yakin bahwa Allah masih bersama dengan kita, selama kita terus berdiri di atas perintah-Nya.

Dengan kondisi zaman yang yang semakin memprihatinkan. Jauh dari ajaran Islam. Berbuat seenak dan semaunya. Kita sebagai remaja agent of change haruslah bisa menjadi tangguh. Kuat. Tidak mudah terkikis oleh zaman yang penuh dengan fitnah.

Bila tujuan kita sudah jelas menuju jalan Ilahi Rabbi. Maka hidupun kita serahkan kepada-Nya. Menyadarkan teman-teman yang belum sadar tentang adanya Allah dan tujuan yang jelas. Dan mendakwahkannya secara baik dan santun. Serta tidak menyakiti. Merangkul teman dengan ketangguhan yang dimiliki.

Jadilah petangguh yang kekar. Dimana pun kondisi kita berada. Walau sekalipun di tempat yang sangat buruk. Jadilah pewarna kebaikan untuk mereka. Agar bisa menghidupkan warnanya dengan Islam. Yang dibalut dengan sahabat menuju Jannah-Nya. (az)
Remaja Tangguh di Setiap Kondisi Remaja Tangguh di Setiap Kondisi Reviewed by soeara peladjar bangkit on Oktober 09, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.