Sosok Inspiratif yang Terlupakan


Oleh: Mochamad Efendi

Soeara-peladjar.com - Kita tentu sepakat bahwa tokoh paling inspiratif yang pernah ada di bumi adalah nabi Muhammad SAW. Beliau adalah suri tauladan bagi kita dalam bertingkah laku maupun berfikir sehingga terbentuklah kepribadian Islam yang luhur dan mulia.

Kita juga memiliki sosok inspiratif yang tidak dikenal banyak orang namun perannya sangat besar bagi kita. Dengan sabar kita dibimbingnya dari kecil yang tidak tahu apa-apa hingga kita dewasa yang bisa bedakan antara yang benar dan salah. Kitapun dibekali keahlian dan kemampuan agar siap menghadapi kerasnya kehidupan. Mereka tidak kenal lelah bekerja untuk kebutuhan hidup keluarga.

Kebahagiannya saat melihat kita, anak-anaknya, tersenyum bahagia. Mereka adalah kedua orang tua kita yang sering dilupakan karena mereka bukan tokoh atau orang terkenal, tetapi merekalah yang memberikan kontrubusi terbesar dalam hidup kita.

Kesedihanya saat menyaksikan kesedihan kita. Saat sakit merekapun ikut merasakan sakit. Dan ingin rasa sakit itu mereka saja yang rasakan. Mereka melakukan semua itu dengan ikhlas tanpa pamrih. Cinta mereka begitu besar pada kita sehingga rasa capek dan bosan tidak pernah mereka rasakan selama bisa selalu dengan anak-anaknya.

Kebahagiannya saat melihat anaknya senang dan bahagia dalam kehidupan ini. Kebangganya saat melihat anaknya berprestasi dan bisa berkarya. Doanya selalu terpanjatkan untuk kita tanpa meminta balasan apa-apa.

Walaupun begitu besar kontribusi mereka pada kehidupan, sering mereka terlupakan karena apa yang mereka telah lakukan dianggap biasa. Seolah-olah sudah menjadi tugas mereka melakukan semua itu. Kita jarang mengingatnya meskipun sudah banyak yang dilakukan. Kita baru menyadari saat mereka sudah meninggalkan kita selamanya. Saat itu kita harus mandiri tanpa mereka. Sungguh kontribusi mereka sangat besar dalam kehidupan kita.

Memang mereka bukan orang besar tetapi merekalah yang membesarkan kita sampai seperti sekarang ini. Memang mereka bukan orang tetkenal tetapi mereka telah mengenalkan kita pada banyak hal yang kita tidak ketahui sebelumnya.

Kita butuh mereka saat kita tidak berdaya. Mereka membimbing kita dengan sabar tanpa sedikitpun mengeluh muncul dalam hati dan kata-kata mereka yang terucap.

Namun sering mereka terlupakan. Disaat kita tidak butuh lagi mereka. Saat kedatangan mereka menyusahkan bahkan tega mengirim mereka ke panti jompo yang jauh dari keluarga yang dulu keringatnya tercucurkan untuk nya.

Karena begitu besar peran orang tua pada anak-anaknya, Islam mengajarkan untuk menghormati dan taat pada mereka selama bukan untuk maksiat atau perbuatan yang melanggar hukum syara', Bahkan seorang anak tidak boleh bilang "ah" saat orang tua berbicara. Itu berarti menghormati dan memuliakan orang tua adalah perintah Allah. Berbuat kasar dan menyianyiakan mereka adalan karanganNya. Orang tua adalah ladang pahala bagi anak-anaknya yang akan mengantarkan mereka ke Surga. Selama mereka masih hidup jangan sia-siakan mereka dan bahagiakan mereka. Doakan selalu disetiap sholat kita saat mereka sudah tiada meninggalkan kita selama-lamanya. (imn)
Sosok Inspiratif yang Terlupakan Sosok Inspiratif yang Terlupakan Reviewed by soeara peladjar bangkit on Oktober 05, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.